Senin, 12 Maret 2012

JURUS AMPUH MENGATASI CEGUKAN

Apakah anda pernah cegukan, atau malah saat ini sedang cegukan? Cegukan akan terasa sangat menganggu bagi kita, apalagi jika berlangsung cukup lama atau berhari-hari.
Perlu kita ketahui cegukan adalah suatu kontraksi tiba-tiba yang tidak disengaja pada diafragma, dan biasanya terjadinya berulang-ulang. Udara yang lewat ke paru-paru secara tiba-tiba akan menyebabkan glottis (ruang antara pita suara) tertutup, sehingga akan menimbulkan terjadinya suara hik. Biasanya cegukan akan hilang dengan sendirinya, namun jika dalam beberapa jam tidak hilang juga, sebaiknya anda segera mengambil tindakan untuk dapat menghentikan cegukan tersebut.

Disini saya akan berbagi tips berdasar pengalaman yang pernah saya lakukan. Beberapa minggu yang lalu saya juga mengalami cegukan bahkan berlangsung hampir 3 hari dari beberapa tindakan yang sudah saya lakukan adalah sebagai berikut:

1. Tahan nafas, saya sudah melakukan namun hanya mampu menghentikan cegukan sesaat saja.
2. Minum air, waktu itu kira-kira saya minum 300 cc (gelas besar), efeknya juga berhenti sementara.
3. Ada yang memberi saran makan gula, namun ga punya efek apa-apa.
4. Menutup telinga serta menggosok bola mata secara perlahan, tidak berefek.
5. Minum minuman bersoda, hilang hanya beberapa jam saja.
6. Dikagetin, waktu saya lakukan tidak hilang juga.

Karena segala upaya sudah saya lakukan, namun cegukan tidak kunjung hilang juga. Akhirnya saya coba ke apotik untuk membeli obat, awalnya penjaga apotik menyebutkan tidak menjual obat tersebut, namun ketika saya sebutkan nama obat tertentu, penjaga apotik tersebut bilang jika harus menggunakan resep, memang obat ini biasanya digunakan para dokter untuk resep menghilangkan cegukan, namun obat ini tergolong obat penenang dan tentu memiliki efek samping. Karena membeli obat tidak dapat juga akhirnya dengan setengah putus asa saya balik lagi kerumah, sesampainya dirumah saya langsung minum air putih sebanyak-banyaknya sampai sendawa (perlu diketahui saya minum lebih dari 1 liter sekaligus waktu itu). dan Alhamdulillah cegukan saya ga muncul-muncul lagi. Tips yang ketujuh sekaligus tips Pamungkas aadalah:

7. Minum air putih yang cukup banyak sampai kita sendawa.

Demikian tips yang dapat saya sampaikan, menurut saya cegukan yang dialami seseorang memerlukan cara masing-masing untuk menghilangkannya, tip-tip diatas bisa anda pilih dan anda coba yang mana yang cocok untuk cegukan anda. saran saya tetap sabar serta berdoa Kepada Allah, karena Allah adalah sumber kesembuhan.

1 komentar: