Rabu, 14 Maret 2012

QuickPull / SoftReset, Pengganti Cabut Baterai

Haduh, kok jam pasir di BlackBerry® saya puter-puter terus yah, jadi bolot nih BlackBerry®. Cek memory kok sisa cuman 4.898.567Bytes saja? Kemana memory saya selama ini? Padahal ngga install apa-apa tuh?
Hal ini sangat lazim terjadi bila pemakai BlackBerry® jarang melakukan cabut baterai. Lha, buat apa cabut baterai? Seberapa sering anda menemukan gejala hang atau freeze di BlackBerry® anda? Sangat jarang sekali saya bahkan belum pernah menemukan yang benar-benar freeze. Ini dikarenakan sistem BlackBerry® akan menstabilkan diri dengan memperbesar memory sementara untuk pengolahan data yang akibat dari aktivitas kita di BlackBerry® mulai dari email, chatting, social networking sampai browsing. Cache atau Temp Memory ini semakin lama akan semakin bertambah dan menggerogoti Device Memory.
Jika Device Memory sudah mencapai ambang batas minimal maka processor akan menerima beban kerja yang sangat tinggi karena dia harus menghapus temporary data/memory sementara itu membuat memory untuk aktivitas kita, nah pada suatu saat bisa terjadi HPE(walaupun sudah jarang pada OS terbaru) dan keluar juga lambang jam pasir yang senantiasa berputar-putar.
Banyak solusi untuk menghadapi kondisi ini, yang paling sederhana adalah cabut baterai.
Apakah Alt+Shift+H sama efeknya dengan mencabut baterai?
Tidak, menekan ketiga tombol ini hanya akan mereset data dan membuang sebagian dari cache/temp memory dan mematikan sementara data yang tercipta dari beberapa jenis aplikasi. Melakukan trik ini dua kali secara berturut-turut baru akan menyamai efek dari mencabut baterai.
Berapa lama sekali harus cabut baterai?
Tergantung dari kapasitas anda, jika anda adalah heavy user dengan traffic email ratusan perhari sebaiknya lakukan 1x sehari. Jika anda tipikal chatter dan social networker, minimal 1x seminggu
Saya memakai hardcase dan repot sekali untuk membuka hardcase ini untuk sekedar mencabut baterai. Apakah ada cara lain?
Pakai software 3rd party alias software buatan non RIM. Ada 2 software yang saya rasa cukup mumpuni tapi sayang sekali yang satu sudah diabaikan oleh programmernya yakni SoftReset [download : http://www.geekandproud.net/blackberry/softreset/softreset.jad] sebaliknya QuickPull, sampai tulisan ini diturunkan, masih terus dikembangkan dan diperbaiki.
QuickPull sangat mudah dipakai dan hebatnya lagi bisa di schedule. QuickPull akan mensimulasi cabut baterai dimana tidak hanya menghapus cache/temp memory tetapi juga merefresh network.





Jika anda berminat mencoba silahkan masuk ke link berikut
OS 4.5 & 4.6 : http://go.mobihand.com/?op=dlmh&pd=27662&l=1&ps=1
OS 4.7 (touch screen) : http://go.mobihand.com/?op=dlmh&pd=27663&l=1&ps=1
Aplikasi ini gratis alias freeware, ada lagi versi Pro yang berbayar dengan fitur yang lebih canggih, silahkan lihat sendiri perbedaannya di http://steelthorn.com/

Cara Cek Sisa Memory

November 2, 2009
Memory BlackBerry dibagi dalam beberapa bagian (tergantung jenis BB) yakni : Device Memory, Internal Memory dan Memory Card.
  • Device Memory adalah jenis memory paling penting karena disinilah tertampung semua bahan dasar alias program inti dari OS BlackBerry serta data email, kontak dan semua jenis data yang dihasilkan oleh program termasuk memory sementara.
  • Internal Memory, jenis ini hanya ada di BB 9000 dan 9700 dan mungkin beberapa seri terbaru mendatang. Tujuan dari memory ini hanyalah media penyimpanan, dipakai boleh tidak dipakai juga tidak apa-apa.
  • Media Card alias memory card alias flash memory. Dalam dunia BB hanya dipakai jenis MicroSD dan beberapa jenis BB bisa support MicroSDHC (High Capacity). Tujuan memory ini juga hanya sebagai media penyimpanan saja supaya tidak membebani memory utama
Adapun cara mengecek sisa Device Memory ini adalah :



Cara baca memory :
91.596.711 Bytes artinya 91.5MB (MegaBytes)
Sisa memory yang paling rendah sebaiknya 5.000.000Bytes atau 5MB jika sudah mencapai level sekitar 5MB maka akan sering terjadi jam pasir berkepanjangan atau berulang-ulang yang menyebabkan kinerja BlackBerry sangat lamban bahkan unit dan baterai menjadi panas karena pengulangan pekerjaan yang menimpa processor sangat tinggi. Lakukan Cabut Baterai/QuickPull/SoftReset


Tidak ada komentar:

Posting Komentar